Jajan Olos Tegal

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Haii guys, bagaimana hari ini? Semoga baik selalu ya!

Perkenalkan nama saya Suci Lutfiatunnisa dengan NPM 202146500869 mahasiswi Universitas Indraprasta PGRI dengan jurusan Desain Komunikasi Visual atau lebih akrab disebut DKV. 


Okey sebelum kenal saya lebih dalam, coba disini adakah yang pernah mendengar kata olos?


Olos... apa yang terfikir di benak anda ketika mendengar kata olos? suatu kota? trend baru? Wisata? julukan seseorang? judul lagu terbaru? Kata plesetan? Atauuuuuuu....apa hayoo???


Apakah anda sudah cukup penasaran dengan kata olos?


Di kota kelahiran saya, yaitu Tegal terdapat satu makanan atau lebih dominan ke jajanan ya n that's my favorite food karena menurut saya jajanan ini menjadi satu ciri tersendiri.


Olos adalah jajanan berupa gorengan berbentuk bulat khas Tegal yang dibuat dari tepung kanji yang dicampur tepung terigu serta di dalamnya berisi sayuran kol. Tetapi, seiring perkembangan zaman sekarang banyak inovasi baru isi olos yang dikembangkan oleh para pembuat olos, isinya pun bervariasi dari mulai olos isi sosis, ayam, keju dan lain sebagainya. Yang khas dari olos itu sendiri adalah adanya rasa pedas, bukan karna bumbu luaran seperti balado saus atau lain sebagainya tetapi bedanya dari olos adalah pedas yang terdapat pada isiannya, karena selain berisi sayur kol, olos juga disertakan cabe rawit. Itulah yang menjadi ciri khas olos dan menjadi incaran para pecinta pedas. 


Untuk pecinta pedas  makanan ini bisa menjadi makanan favorit, tetapi sayangnya untuk daerah luar Tegal dan sekitarnya makanan ini masih sulit untuk ditemui, hal ini juga yang sangat sangat menjadi ciri khas Tegal banget. 


Untuk yang penasaran dengan rasa olos yang sebenarnya bisa langsung membeli di pedagang kaki lima terdekat atau langsung mencoba membuatnya sendiri  di rumah. Tak perlu diminta, saya dengan segan memberi resep membuat olos sendiri khusus buat anda yang penasaran, bahanya pun sangat sederhana dan mudah didapatkan, yang pertama ada tepung terigu, tepung kanji, cabe rawit sesuai selera, air secukupnya, minyak goreng secukupnya, garam dan penyedap rasa. 


Untuk isian olos kita sesuaikan dengan selera saja ya, bisa sayur kol, sosis, ayam, cumi dan lain sebagainya. 


Cara membuatnya pun sangat simple pertama campurkan tepung kanji dan tepung terigu (tepung kanji 30% dan tepung terigu 70%) lalu tambahkan air secukupnya (jangan terlalu cair maupun terlalu kental), tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya lalu aduk sampai tercampur rata, setelah adonan kalis bentuk adonan menjadi bulat dan pipihkan, masukkan isi olos dan cabe rawit (isi olos sesuaikan selera) setelah itu bentuk adonan menjadi bulat kembali lalu goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan, ketika warna olos agak kecoklatan, olos siap diangkat dan ditiriskan n then Olos siap disajikan.


Selamat mencoba!!

Sekian sekilas penjelasan saya tentang olos, semoga bisa bermanfaat sebagai referensi kuliner anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek 3: Literature Review Pada Objek

Mitos dan Pengalaman Estetis dari Lagu "Daddy-Coldplay"

INOVASI BENTUK FIGUR KAYON WAYANG KULIT PURWA GAYA SURAKARTA